Panduan Lengkap E-Commerce 2019
Perkembangan e-commerce semakin pesat dari tahun ke tahun seiring
dengan perkembangan digital yang ada. Bahkan perusahaan e-commerce
ternama dunia sudah masuk ke pasar Indonesia. Alibaba lewat Lazada dan
eBay sudah melakukan ekspansi bisnis di Indonesia. Amazon dikabarkan
juga akan melakukan hal yang sama.
Pemerintah sendiri, melalui Kemenkominfo mencanangkan agar pada tahun 2020 proyeksi e-commerce Indonesia bisa mencapai angka 130 Miliar Rupiah. Mengutip KataData, data yang dihimpun Nielsen bertajuk “Indonesia Ocean of Opportunities Overcoming Dead Win and Riptide 2017” menghasilkan prediksi pasar e-commerce Indonesia yang akan mencapai 52% dari seluruh e-commerce di kawasan Asia Tenggara.
Inilah mengapa, mungkin Anda sedang mencari-cari panduan untuk menjalankan niat Anda bergelut di bidang e-commerce. Tetapi, sebelum kita membahas lebih lanjut soal bagaimana memulai perusahaan e-commerce Anda sebaiknya kita membahas terlebih dahulu apa itu sebenarnya definisi e-commerce.
Kegiatan e-commerce berlangsung didukung oleh teknologi-teknologi mumpuni yang ada. Teknologi-teknologi tersebut semacam smartphone, laptop, atau alat lainnya yang dapat memproses transaksi online dan bisa menjalankan inventory management system.
Biasanya, provider yang bagus akan menjamin website Anda tidak down saat terjadi kepadatan web visitor. Selain itu, mereka juga mampu membantu Anda dalam mengurus domain dan SSL Certificate bagi website Anda. Dewaweb sendiri bisa mempermudah pekerjaan-pekerjaan Anda saat membangun e-commerce tersebut. Anda tinggal menghubungi kami untuk mengetahui info lebih lanjut.
Lebih mudah lagi, Anda bisa menggunakan Dewapress untuk membangun e-commerce website Anda. Dengan web builder canggih satu ini, Anda tidak memerlukan kemampuan teknis seperti coding atau pemrograman, ada tools yang bisa memudahkan Anda yaitu “drag and drop” di mana Anda bisa langsung mengisi kolom-kolom yang tersedia dengan info produk maupun menu lainnya.
Berbagai desain menarik yang didesain khusus untuk keperluan e-commerce website telah disediakan di Dewapress. Lebih penting lagi, Dewapress mampu mengatur website Anda agar tampilan desain website berubah-ubah sesuai karakter user Anda.
Soal, blog. Mungkin Anda bingung soal apakah website Anda perlu sebuah blog. Kami menyarankan Anda untuk membuatnya karena beberapa keuntungan yang bisa dihasilkan dari blog tersebut. Pertama, blog dapat menjadi saluran komunikasi dan dapat meningkatkan customer engangement Anda. Bisa saja orang yang sedang mencari tahu soal info tertentu menemukan blog Anda dan kemudian tertarik untuk meninjau produk Anda berdasarkan konten yang di-posting di blog tersebut.
Manfaat berikutnya dari blog adalah kredibilitas. Seperti yang kami lakukan saat ini melalui blog khususnya artikel kami. Bila Anda memperhatikan, ada banyak artikel kami yang dibuat secara mendalam dan informatif di mana hal ini sebenarnya dapat menunjukkan seberapa ahli kami di bidang-bidang yang terkait dengan produk atau jasa kami. Anda dapat pula melakukan hal yang sama.
Terakhir, bagi kami blog adalah cara yang bagus untuk menarik website traffic Anda. Bila Anda konsisten mengelola blog Anda dan menghasilkan konten-konten berkualitas, Anda dapat menggiring pengunjung ke website Anda lewat hasil pencarian mesin penelusur semacam Google.
Pada dasarnya, perencanaan bisnis yang matang menjadi hal utama yang penting dalam membangun usaha e-commerce Anda. Hal itu juga termasuk mengidentifikasi produk dan pasar Anda serta mengujinya. Jika Anda serius soal e-commerce Anda, perlu dipertimbangkan untuk membuat website Anda sendiri dan mengelolanya sehingga lebih memaksimalkan penjualan Anda. Semoga artikel ini membantu ya!
Sumber : https://www.dewaweb.com/blog/panduan-lengkap-e-commerce-2018/amp/
Pemerintah sendiri, melalui Kemenkominfo mencanangkan agar pada tahun 2020 proyeksi e-commerce Indonesia bisa mencapai angka 130 Miliar Rupiah. Mengutip KataData, data yang dihimpun Nielsen bertajuk “Indonesia Ocean of Opportunities Overcoming Dead Win and Riptide 2017” menghasilkan prediksi pasar e-commerce Indonesia yang akan mencapai 52% dari seluruh e-commerce di kawasan Asia Tenggara.
Inilah mengapa, mungkin Anda sedang mencari-cari panduan untuk menjalankan niat Anda bergelut di bidang e-commerce. Tetapi, sebelum kita membahas lebih lanjut soal bagaimana memulai perusahaan e-commerce Anda sebaiknya kita membahas terlebih dahulu apa itu sebenarnya definisi e-commerce.
Definisi E-Commerce
Istilah e-commerce adalah singkatan untuk electronic commerce. Electronic commerce adalah proses jual beli yang terjadi antara pebisnis dan konsumer tanpa harus berada di toko fisik. Jadi, transaksi jual beli yang terjadi hanya berlangsung lewat media elektronik, lebih tepatnya secara online.Kegiatan e-commerce berlangsung didukung oleh teknologi-teknologi mumpuni yang ada. Teknologi-teknologi tersebut semacam smartphone, laptop, atau alat lainnya yang dapat memproses transaksi online dan bisa menjalankan inventory management system.
Kategori E-Commerce
Ada beberapa kategori e-commerce bila didasarkan pada siapa-siapa saja yang terlibat dalam proses bisnisnya. Berikut, kami berikan penjelasan atas masing-masing kategori tersebut:-
Business to Business (B2B)
-
Business to Consumer (B2C)
-
Consumer to Consumer (C2C)
-
Consumer to Business (C2B)
Jenis Kegiatan E-Commerce
Berikut adalah beberapa jenis kegiatan e-commerce yang umumnya terjadi:-
Pembelanjaan Online (Online Shopping)
-
Pembayaran Elektronik (Electronic Payments)
-
Lelang Virtual (Virtual Auctions)
-
Transaksi Bank Digital (Internet Banking)
-
Jual Beli Tiket Online (Online Ticketing)
Tipe Distribusi pada E-Commerce
Dalam kegiatan e-commerce ada berbagai cara bagi retailer dalam menawarkan service mereka. Beberapa cara atau metode tersebut kami jelaskan sebagai berikut:-
Pure Click
-
Brick and Click
-
Click to Brick
Mempersiapkan E-Commerce Anda
Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk memulai adalah mengembangkan ide bisnis Anda. Berikut adalah beberapa langkah pengembangannya:-
Identifikasi Produk Anda
-
Buat Inovasi Anda
-
Uji Pasar Anda dan Identifikasi Niche Anda
-
Siapkan website Anda
Biasanya, provider yang bagus akan menjamin website Anda tidak down saat terjadi kepadatan web visitor. Selain itu, mereka juga mampu membantu Anda dalam mengurus domain dan SSL Certificate bagi website Anda. Dewaweb sendiri bisa mempermudah pekerjaan-pekerjaan Anda saat membangun e-commerce tersebut. Anda tinggal menghubungi kami untuk mengetahui info lebih lanjut.
Lebih mudah lagi, Anda bisa menggunakan Dewapress untuk membangun e-commerce website Anda. Dengan web builder canggih satu ini, Anda tidak memerlukan kemampuan teknis seperti coding atau pemrograman, ada tools yang bisa memudahkan Anda yaitu “drag and drop” di mana Anda bisa langsung mengisi kolom-kolom yang tersedia dengan info produk maupun menu lainnya.
Berbagai desain menarik yang didesain khusus untuk keperluan e-commerce website telah disediakan di Dewapress. Lebih penting lagi, Dewapress mampu mengatur website Anda agar tampilan desain website berubah-ubah sesuai karakter user Anda.
Soal, blog. Mungkin Anda bingung soal apakah website Anda perlu sebuah blog. Kami menyarankan Anda untuk membuatnya karena beberapa keuntungan yang bisa dihasilkan dari blog tersebut. Pertama, blog dapat menjadi saluran komunikasi dan dapat meningkatkan customer engangement Anda. Bisa saja orang yang sedang mencari tahu soal info tertentu menemukan blog Anda dan kemudian tertarik untuk meninjau produk Anda berdasarkan konten yang di-posting di blog tersebut.
Manfaat berikutnya dari blog adalah kredibilitas. Seperti yang kami lakukan saat ini melalui blog khususnya artikel kami. Bila Anda memperhatikan, ada banyak artikel kami yang dibuat secara mendalam dan informatif di mana hal ini sebenarnya dapat menunjukkan seberapa ahli kami di bidang-bidang yang terkait dengan produk atau jasa kami. Anda dapat pula melakukan hal yang sama.
Terakhir, bagi kami blog adalah cara yang bagus untuk menarik website traffic Anda. Bila Anda konsisten mengelola blog Anda dan menghasilkan konten-konten berkualitas, Anda dapat menggiring pengunjung ke website Anda lewat hasil pencarian mesin penelusur semacam Google.
-
Melakukan Teknik SEO bagi E-Commerce Anda
Keuntungan dan Kerugian E-Commerce
Ada beberapa keuntungan dan kerugian yang bisa Anda dapat bila Anda menjalankan e-commerce. Berikut, kami akan memberikan beberapa poinnya!Keuntungan
- Menghemat waktu dalam transaksi, tidak perlu menunggu lama atau mengantre layaknya bisnis tradisional yang umumnya terjadi
- Memungkinkan untuk bertransaksi dengan perusahaan atau toko yang jaraknya jauh, bahkan lintas benua
- Tidak membutuhkan persiapan dan investasi besar dalam membuka toko secara fisik
- Tersedia banyak sekali pilihan, hal ini terkait dengan variasi produk yang ditawarkan
- Tidak ada batasan atau larangan terkait waktu belanja bagi customer, orang-orang dapat berbelanja kapan saja mereka mau
- Dengan adanya internet sebagai media penghubung, setiap pelaku bisnis dapat dengan leluasa menjual ke satu sama lain lewat berbagai platform memudahkan yang sudah banyak tersedia
- Terkait dengan produk-produk digital, pembelian dapat berlangsung instan serta tak perlu menunggu lama untuk proses pengiriman
- Tidak ada batasan space di sini, Anda bisa menampilkan barang di online display sebanyak apapun barang yang Anda mau (sesuai lokasi penyimpanan tentunya), ini juga berarti makin banyaknya variasi dibandingkan dengan toko fisik.
Kerugian
- Ada sebuah tuntutan yang mendesak dari customer atau calon customer di mana semua harus berjalan dengan sangat cepat dan aman, maka layanan internet yang cepat dan aman sangat dibutuhkan
- Ada pula kebutuhan perangkat (gadget) yang mampu memberikan akses ke online store itu sendiri, pengguna dapat mengaksesnya melalui smartphone atau laptop
- Pengalaman berbelanja dengan e-commerce bagi pelanggan terasa tidak personal atau kurang bersifat emosional, bisa jadi kurang memuaskan layaknya transaksi langsung antar muka
- Pada e-commerce memang tidak ada kesempatan untuk menyentuh atau mencoba produk sebelum transaksi sudah dilakukan dan barang sudah sampai di tangan
- Ada risiko membahayakan yang muncul seperti pembobolan kartu kredit atau pencurian data terkait cyber security
- Untuk dapat menggunakan produk, pelanggan atau customer perlu menunggu hingga barang sampai sehingga ada delay tak seperti pada pembelian barang di physical store yang bisa langsung dipakai
- Ada pula kemungkinan pihak-pihak yang bertransaksi mengalami kebingungan karena perbedaan hukum jual beli yang berbeda tergantung pada lokasi masing-masing
Kesimpulan
Melalui artikel ini, Anda telah mendapatkan sebuah panduan berguna yang bisa Anda jadikan informasi mendasar dalam memulai usaha e-commerce Anda. Kami tak hanya mendefinisikan apa itu e-commerce bagi Anda, kami juga memberikan pengetahuan menyeluruh soal e-commerce. Info-info berguna seperti apa saja kategori e-commerce berikut contohnya, bagaimana memulai membangunnya dan apa keuntungan serta kerugiannya telah kami paparkan bagi Anda.Pada dasarnya, perencanaan bisnis yang matang menjadi hal utama yang penting dalam membangun usaha e-commerce Anda. Hal itu juga termasuk mengidentifikasi produk dan pasar Anda serta mengujinya. Jika Anda serius soal e-commerce Anda, perlu dipertimbangkan untuk membuat website Anda sendiri dan mengelolanya sehingga lebih memaksimalkan penjualan Anda. Semoga artikel ini membantu ya!
Sumber : https://www.dewaweb.com/blog/panduan-lengkap-e-commerce-2018/amp/
Komentar
Posting Komentar